Manfaat Obat Herbal Dari Tanaman Temulawak


Dari sekian banyak obat herbal yang ada dan juga tersedia ada beberapa jenis tanaman yang sangat mudah ditemukan, di berbagai daerah. Akan tetapi bila anda hendak menggunakan tanaman herbal tersebut sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit yang anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terdekat terlebih dahulu, sebelum anda benar-benar memutuskan menggunakannya secara rutin dalam setiap proses penyembuhan.

temulawak bisa dengan mudah ditemukan dalam berbagai jenis olahan bahan makanan dan juga minuman. Akan hal tersebut maka bila anda menginginkan pola makan yang sehat serta sistem pencernaan anda lancar selalu rajinlah dalam mengkonsumsi temulawak. Untuk mengetahui setiap isi kandungan temulawak lebih spesifik, anda bisa melihat berbagai karakteristik dan juga kegunaan sebagai obat sebagai berikut.

Keberadaan Tanaman Temulawak


Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorhiza roxb adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman jenis jahe-jahean atau dikenal dengan istilah zingiberaceae. Temulawak sendiri adalah tanaman asli yang terdapat di Indonesia, maka tak aneh bila tanaman tersebut akan sangat mudah ditemukan. Tanaman temulawak sendiri akan banyak tumbuh subur di berbagai tempat seperti hampir di seluruh pulau Jawa, Maluku dan juga di pulau Kalimantan.

Karakteristik Temulawak



Karakteristik dari tanaman temulawak sendiri adalah mampu tumbuh sebagai tanaman semak dengan merambat tanpa batang yang menyebabkan tanaman ini mudah sekali menyebar, ciri-ciri lainnya adalah dengan daun yang panjang dan juga berdiri tegak, memiliki tinggi antara 2 sampai 2,5 mm, bentuk daun temulawak sendiri adalah seperti daun pisang, bisa dilihat dari pelepah daunnya yang saling menutup dan membentuk batang yang kuat dan juga rapat.

Temulawak mampu hidup di dataran rendah dan mampu tumbuh pada keadaan hangat atau pada ketinggian 750 meter di atas permukaan laut, bila daunnya menguning berarti tanaman ini siap dipanen. Untuk umbinya sendiri tanaman ini akan tumbuh dan juga berwarna kuning gelap dan juga bisa berwarna cokelat muda, memiliki diameter 15 cm ataupun 6 cm, rasanya agak pahit dan pedas namun baunya harum. Beberapa manfaat dari tanaman Obat herbal ini adalah dengan ampuh menyembuhkan:

  • Penyakit kuning
  • Diare
  • Maag
  • Perut kembung
  • Pegal-pegal.
  • Lemak darah
  • Mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan
  • Memelihara kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanaman yang bisa digunakan obat herbal ini telah banyak diproduksi oleh banyak perusahaan jamu, selain itu produk dari bahan temulawak mampu di ekspor ke berbagai negara. Akan hal tersebut kita sebagai bangsa indonesia patut berbangga memiliki banyak sekali tanaman herbal yang bisa tumbuh dengan subur dan mudah di dapatkan dengan sangat mudah di setiap daerah di Indonesia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel