Kenapa Desa harus punya Website dan Aplikasi Layanan Desa?




Sebelum Kami menjawab pertanyaan kenapa desa harus punya Website dan Aplikasi Layanan Desa, Kami akan menjelaskan dulu apa itu Website beserta Fungsinya, Domain dan Pengertian Aplikasi agar jawaban Kami nantinya, bisa langsung Anda mengerti.


1. Pengertian Website & Fungsinya

Pengertian Website

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses diseluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website juga merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk di kunjungi. (Azis Sholechul, 2013)


Fungsi Website

Fungsi utama dari website adalah untuk menyampaikan informasi. Dijaman modern ini website bisa digunakan sebagai platform pemasaran oleh pihak bisnis dengan menjangkau pelanggan yang lebih luas di Internet. Bagi instansi pemerintah, website sering dijadikan sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi.

1. Komunikasi
Komunikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui platform media sosial berbasis website. Contohnya Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram dan lain sebagainya yang kemudian dijadikan Aplikasi.

2. Informasi
Website berfungsi sebagai media informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh pengguna internet. Selain itu website juga dijadikan sebagai sarana edukasi. Contohnya media online berita yang sebelumnya hanya berupa surat kabar.

Bisa dibilang, website adalah rumah online, jika kita membuat website desa, berarti website itu adalah desa online, dimana segala informasi desa kita bisa didapatkan disana. lalu bagaimana agar masyarakat bisa sampai ke desa kita secara online? maka dibutuhkan alamat online kita untuk sampai ke desa online kita, kalo di dunia offline alamat itu disebut jalan, kalo didunia online alamat itu disebut domain.


2. Pengertian Domain

Domain adalah rangkaian teks dan angka yang digunakan untuk memberi nama alamat IP tertentu. Sebelum ada domain, untuk mengakses sebuah website, kita harus memasukkan alamat IP ke browser yang mana tentu lebih sulit diingat. Masih bingung? Oke, jadi mudahnya nama domain adalah teks (dan mungkin angka) yang diketikkan oleh pengunjung ke browser untuk mengakses website tertentu. Misalkan untuk mengakses halaman website desa idaman, pengunjung harus mengetikkan idaman.desa.id di browsernya, karena domain resmi desa adalah desa.id. Jadi, nama idaman.desa.id itu yang di sebut domain.


3. Pengertian Aplikasi

Aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang beroperasi pada sebuah perangkat baik itu smartphone maupun komputer. Di era digital seperti ini kita membutuhkan aplikasi untuk menunjang berbagai kegiatan seperti bekerja, berbelanja, belajar, atau yang lainnya. Aplikasi dirancang agar dapat melakukan perintah sesuai kebutuhan pengguna. Contohnya Aplikasi Layanan Desa yang dirancang untuk mempermudah pelayanan administrasi seperti surat meyurat dari pemerintah desa kepada warganya.


4. Alasan utama kenapa harus punya Website Desa

Website menjadikan informasi desa dapat diakses secara online oleh siapa saja, kapan saja, dan dari mana saja, bahkan diseluruh dunia.

Website bisa mendatangkan investor dari luar desa, bahkan dari luar negeri jika mereka tertarik dengan potensi desa yang sebelumnya mereka lihat dari website.

Website bisa menjadi sarana promosi, jika desa punya objek Wisata, sudah pasti Anda juga harus mempromosikannya melalui website agar calon pengunjung bisa menemukannya di mesin pencari seperti Google.

Website Desa adalah salah satu sarana keterbukaan informasi publik, dimana sebelumnya hanya berupa spanduk dan baliho.

Alasan lain kenapa harus punya website adalah untuk membangun kredibilitas Desa Anda.




APA KELEBIHAN WEBSITE BUATAN KAMI DIBANDINGKAN YANG LAIN?


WEBSITE DARI KAMI MEMILIKI KECEPATAN AKSES TERBAIK DIBANDINGKAN WEBSITE DESA LAIN

Silahkan bandingkan sendiri melalui website https://gtmetrix.com/




Kecepatan akses sangat penting untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang ingin mendapatkan informasi dari website Anda, dan kecepatan akses juga membuat website kita lebih direkomendasikan oleh mesin pencari seperti Google. Itulah kenapa website dari kami lebih mengutamakan kecepatan dari pada tampilan yang berlebihan.



WEBSITE DARI KAMI TIDAK ADA BIAYA HOSTING, SEHINGGA DIJAMIN SELALU AKTIF, SEKALIPUN ANDA SUDAH TIDAK LAGI BEKERJASAMA DENGAN KAMI.


Banyak sekali persoalan website desa terkait hosting, dimana sebelumnya desa sudah memiliki website, tetapi hanya beberapa tahun berjalan, website desa mati, karena kehilangan kontak dengan penyedia jasa, sehingga terlambat atau lupa membayar hosting, lalu apa yang terjadi? desa akan kehilangan semua data dan harus membangun website dari awal lagi tanpa ada jaminan berapa lama website mereka akan bertahan. dengan menggunakan jasa kami, Anda tidak akan menemukan masalah itu lagi, karena kami sudah punya solusinya.


Apa saja jasa yang bisa Anda dapatkan dari Kami?


1. Pembuatan Website Desa



Website desa bisa diakses melalui browser seperti Google Chrome dan mesin pencari lain nya yang ada di PC/Laptop atau di semua smartphone, dengan mengetikkan alamat website desa yang sudah didaftarkan.

Website desa berisi segala informasi tentang desa, mulai dari sejarah, visi misi, demografi, wisata, potensi dan lain-lainnya, yang dapat diakses secara realtime kapan saja dan dimana saja, asal terjangkau oleh jaringan internet.

 

2. Pembuatan Aplikasi Playstore Desa



Aplikasi Playstore Desa adalah Website Desa yang sudah dijadikan aplikasi dan bisa di download di Playstore smartphone Android tanpa perlu mengetik alamat website desa, sehingga lebih mempermudah warga untuk membuka website desa.

Terkadang untuk orang awam, mereka sangat sulit untuk menuliskan alamat website desa karena harus melalui beberapa tahapan seperti menggunakan mesin pencari dan kemudian menulis ulang alamat website tersebut, yang terkadang bisa salah ketik. 

Dengan Aplikasi Playstore, Warga hanya butuh satu langkah yaitu menginstal aplikasi website desa di Playstore dengan mengetik nama desa yang sudah tersedia. Setelah terinstal, Aplikasi dapat digunakan hanya dengan sekali klik.


3. Pembuatan Aplikasi Layanan Desa




Aplikasi Layanan Desa adalah aplikasi yang terdapat didalam website desa, bisa diakses melalui browser dengan mengetik alamat website desa atau melalui aplikasi yang bisa di download dari Playstore.

Aplikasi Layanan Desa ini sangat penting untuk desa, karena Aplikasi Layanan Desa ini merupakan sebuah inovasi dari kami untuk mempermudah desa dalam urusan administrasi surat menyurat desa.

Warga bisa mengurus surat kelahiran, surat kematian, surat pengantar dan surat penting lainnya hanya dengan menggunakan hp atau smartphone dari rumah tanpa perlu datang kekantor desa, karena surat yang sudah diverifikasi dan ditandatangani akan langsung dikirim ke Aplikasi Layanan Desa.

Itulah alasan kenapa desa harus punya website desa, Aplikasi Layanan Desa dan aplikasi playstore, karena semua saling berkaitan untuk mempermudah pengunjung, khususnya warga desa untuk mendapatkan informasi dan layanan desa secara online.


4. Pemeliharaan Situs Website dan Admin Layanan Desa


Untuk keberlangsungan website dan Aplikasi Layanan Desa, membutuhkan biaya perpanjangan domain, biaya pemeliharaan dan tenaga ahli dalam dunia komputer atau IT, untuk mengatasi segala persoalan yang akan timbul seperti serangan hacker, spam, scam dan sebagainya. 

Kami menyediakan jasa Pemeliharaan Situs Website desa dan Admin Layanan Desa pertahun.

Dengan berlangganan Pemeliharaan Situs Website pertahun dari kami, jika Anda memiliki persoalan keamanan, backup data website, bahkan persoalan lainnya seperti mengganti foto, menambah halaman, memperbaiki file yang rusak, kami masih dapat membantu menyelesaikannya, sekaligus mengajarkan Anda sampai benar-benar bisa mengelola Website Desa secara mandiri.

Dengan berlangganan Admin Layanan Desa pertahun dari kami, maka Aplikasi Layanan Desa akan kami pantau selama 24 Jam. jika ada surat masuk ke Aplikasi Layanan Desa, kami akan langsung menghubungi desa yang bersangkutan agar surat yang masuk bisa segera diproses. Karena jika desa lupa memantau surat masuk dan ada surat yang terlambat diproses atau tidak dikerjakan, akan berdampak buruk terhadap kinerja pelayanan desa.

Sesuatu yang baru memang terasa sangat sulit apalagi terkait dengan teknologi dan inovasi, tetapi jika dengan konsistensi dan keinginan untuk belajar dan berkembang, tidak ada yang tidak mungkin, bisa saja desa anda menjadi salah satu desa dengan pelayanan terbaik di Indonesia.
advertise

Click on one of our representatives below to chat on WhatsApp

img
Support Customer Service
6282133334589
img
Sales Jamrani
6281270207178
We run on mgi.web.id
Hello! What can I do for you?

Need help? Let's chat with us!